Searching...

Pengertian Teknologi CDMA dan GSM

Pengertian Teknologi CDMA dan GSM | Bagi Anda yang  punya mobilitas tinggi dengan banyak kebutuhan komunikasi baik itu dengan teman, keluarga maupun relasi kerja, tentunya akan sering menggunakan sebuah perangkat elektronik sebagai alat bantu. Sebagai contoh adalah perangkat gerak seperti handphone yang terbukti handal dan praktis digunakan dimana saja dan kapan saja. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya handphone atau ponsel yang setiap hari kita pakai itu mempunyai beberapa jenis jaringan? Hal ini penting untuk difahami sehingga kita tahu jenis ponsel seperti apa yang akan kita beli. Bila merujuk pada Wikipedia maupun artikel yang lain, setidaknya terdapat dua perbedaan teknologi dalam jaringan ponsel yakni GSM dan CDMA. Seperti halnya pada modem yang mempunyai spesifikasi berbeda, namun disini kita hanya mengulas pengertian teknologi CDMA dan GSM pada ponsel saja.
Dari segi bentuk fisik baik itu ukuran maupun bobot hampir tidak ada perbedaan yang signifikan antara gadget yang mengusung teknologi CDMA dan GSM. Pengertian mengenai CDMA (Code Division Multiple Access) mengandung arti yakni suatu sistem akses secara bersama-sama yang dalam pembagian kanal bukan berdasarkan frekuensi (seperti pada FDMA) maupun waktu (pada TDMA), akan tetapi melalui pengkodean data dengan setiap kanal yang ada serta memakai karakter-karakter interferensi konstruktif dari kode-kode tertentu tersebut guna melakukan pemultipleksan.

Sedangkan pada teknologi GSM (Global System for Mobile Communication) mengandung pengertian suatu sistem komunikasi digital yang memanfaatkan gelombang mikro serta pengiriman sinyal yang terbagi menurut waktu (TDMA) dan frekuensi (FDMA), hingga informasi yang diolah akan terkirim sampai ke tujuan melalui sinyal tersebut. Metode ini merupakan teknologi paling populer yang banyak dipakai pengguna di seantero dunia, hingga dijadikan standar global dalam teknologi selular. Pada banyak kasus ditemukan suatu kondisi dimana sebuah ponsel CDMA telah di lock (dikunci) dengan perusahaan operator tertentu sehingga tidak bisa diakses menggunakan operator lain. Berbeda dengan ponsel GSM yang sifatnya fleksibel terhadap kartu operator (SIM Card).

Contoh operator CDMA yang telah beroperasi di Indonesia yakni: Telkom Flexi, Smartfren (gabungan antara Smart dan Fren), Ceria, StarOne dll. Adapun operator GSM yaitu: 3 (Three), AXIS, Telkomsel, Indosat, XL dsb. Dari pengertian teknologi CDMA dan GSM diatas dapat diambil beberapa gambaran yang menegaskan perbedaan diantara keduanya, yaitu :

Contoh Spesifikasi CDMA 800 :
Uplink : 824 – 849 MHz
Downlink : 869 – 894 MHz
Lebar kanal : 1.25 MHz
Chip rate : 1.228 Mcps
Multiple access : CDMA
Contoh Spesifikasi GSM 900 :
Uplink: 890 – 915 MHz
Downlink : 935- 960 MHz
Duplex spacing: 45 MHz
Lebar kanal : 200KHz
Modulasi : GMSK
Multiple access : FDMA-TDMA (satu kanal RF terdapat 8 kanal TDMA)
Dari fitur-fitur yang ditawarkan terdapat perbedaan terutama dalam hal akses internet. CDMA mempunyai fasilitas EVDO sedangkan GSM memiliki 3G. Untuk urusan seperti voice, akses komunikasi data serta video, didapati EVDO lebih unggul daripada 3G. Selain itu, berdasarkan pengertian teknologi CDMA dan GSM ini terdapat beberapa fakta yang ditemukan diantaranya untuk urusan tarif panggilan maupun pesan sms, CDMA lebih murah dibanding GSM Namun dibalik itu pastinya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Sumber : http://planetwork-tkj.blogspot.com/2013/06/pengertian-teknologi-cdma-dan-gsm.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar